Selasa, 13 April 2010

TEORI MDI dan SDI

TEORI MDI dan SDI


Form merupakan dasar utama aplikasi Visual Basic dan window di mana pemakai berinteraksi dengan aplikasi tersebut ketika dijalankan. Form memiliki properties, event dan metode sendiri dimana dengan hal tersebut kita bisa mengatur kemunculan dan perilakunya. Form ada dua jenis yaitu MDI Form dan SDI Form.
Jika telah terbiasa menggunakan aplikasi berbasis Windows beberapa saat, maka dapat disimpulkan tidak semua antar muka terlihat atau berperilaku sama. Ada dua jenis antar muka utama: single-document interface (SDI) dan multiple-document interface (MDI). Contoh dari SDI adalah aplikasi WordPad yang terdapat pada Microsoft Windows. Pada WordPad, hanya satu dokumen yang bisa dibuka, dokumen yang lain harus ditutup jika ingin membuka dokumen lainnya.


Aplikasi seperti Microsoft Excel dan Microsoft Word menggunakan MDI; ini membuat Anda menampilkan banyak dokuments pada waktu yang sama, dengan masing-masing dokumen ditampilakn pada window masing-masing. Anda bisa mengenali aplikasi MDI dengan terdapatnya menu Window dengan sub menu yang memungkinkan Anda berpindah antar window atau dokumen.


Dalam memilih antar muka mana yang terbaik, Anda perlu melihat kegunaan aplikasi tersebut. Aplikasi yang melakukan pemrosesan data bisaanya membutuhkan MDI dan aplikasi seperti kalender umumnya menggunakan SDI.

0 komentar:

Posting Komentar