Minggu, 28 Maret 2010

History Of HCI

Interaksi manusia dan komputer adalah suatu studi yang mempelajari bagaimana orang mendesain, kemudian mengimplemetasikan dan menggunakan sistem komputer yang kaku menjadi lebih interaktif. Hal yang paling mendasar dari keinteraktifan tersebut adalah Desain Interface dan ini menjadi bagian utama dari studi HCI/IMK. IMK bersumberkan dari berbagai studi pengetahuan yang berhubungan dengan manusia, psikologi, sistem dan komputer (mesin). Beberapa cabang ilmu tersebut dapat pembaca lihat di gambar sebelah. Muncul dan Perkembangan IMK tidak lepas dari perkembangan teknologi komputer, dimana pada awal munculnya konputer hanya sebuah mesin yang kaku dan belum disesuaikan dengan kenyamanan user hingga kini bermunculan berbagai interface yang sangat membantu dan nyaman untuk digunakan. Oleh karena itu mari kita bahas sejarah yang telah membentuk studi IMK. Pertumbuhan teknologi mengalami pertumbuhan pesat semenjak tahun 1940-an. Sejarah perkembangan antarmuka sebagai berikut :
 Vanear Bush menciptakan sebuah komputer yang dinamakan Memory Expander. Memory Expander ini berbasiskan Microfilm dan memungkinkan user untuk melakukan Annotating text. Pada peluncurannya ia berkata “As we may think” (“Seperti yg telah kita pikirkan”) pada Juli 1945 dan diterbitkan pada surat kabar Atlantic Monthly.Ia juga berpendapat bahwa “…Publikasi telah melewati batas jauh didalam kemampuan kita sekarang untuk membuat record yang dapat di gunakan dalam kehidupan nyata”.
 Sutherland meraih gelar Ph.D di tahun 1963 pada TX-2 dari sebuah universitas bernama MIT Laboratory di kota Lincoln. ia menciptakan sebuah mesin bernama Sketchpad dengan peralatan input berupa Light pen yang digunakan pada cathode ray tube (CRT). Ia berangapan bahwa objek grafis harus bisa digambar & dimodifikasi melalui constraint, oleh karena itu ia menciptakan Sketchpad. Sketchpad meropakan model berorientasi objek yang telah memiliki kemampuan untuk copy dan paste file.
 Pada tahun 1963, Engelbart menemukan sebuah penemuan baru di Augmentation Research Center. Penemuannya tersebut ia namakan Augment/NLS, NLS merupakan singkatan dari oN Line System. NLS dipresentasikan tahun 1968 dlm demonstrasi publik selama 90 menit dan presentasinya menarik perhatian publik. NLS memiliki fitur baru yang belum ada di komputer sebelumnya yaitu:
• Sudah memiliki jaringan/Links.
• Hirarki hypertext.
• Video-conferencing.
• Dilengkapi dengan Mouse.

 Alan Kay berpendapat bahwa “Komputer harus bisa berfungsi seperti makhluk hidup”, yang bisa diartikan bahwa komputer selain sebagai alat hitung namun juga harus memiliki cipta, rasa, karya. Disertasi Ph.D Kay adalah tentang FLEX, yang kemudian perintis dari bahasa berorientasi objek. Dengan persepsinya tersebut, Alan kay membuat Flex lebih menggunakan grafik daripada teks. Flex kemudian menjadi ide pertama dari komputer berukuran buku/notebook. Setelah puas dengan Flex, kemudian dia mengembangkan Dynabook pada Xerox PARC (Paolo Alto Research Center).

 Pada tahun 1971, mouse dilisensikan ke Xerox, sedangkan Xerox Alto tahun 1973. Fakta yg paling mengejutkan dari Alto adalah komputer yang bisa digunakan hanya oleh 1 orang (PC) dan display/tampilan grafis menggunakan “pixels“. Walau masih Black and white display (belum Full Color) namun ukuran Display 808×606 pixels merupakan sebuah kemajuah dahsyat pada waktu itu. Selain itu, ALTO juga telah support dengan Laser printer (yang dibuat di PARC) dan ethernet sebagai penunjang jaringan.
 Bravo merupakan sistem pengeditan documen untuk Alto,yang diciptakan oleh Charles Simonyi & Butler Lampson. Fitur yang disediakan adalah Editor teks WYSIWIG. BravoX merupakan perkembangan dari Bravo yang dipelopori oleh Larry Tessler. Namun kali ini pencipta Bravo tidak berperan serta karena Simonyi telah bergabung dengan Microsoft dan ia memimpin pengembangan Microsoft Word.
 Diluncurkan tahun 1981 dan didesain sebagai sistem otomatisasi perkantoran. Dengan adanya Xerox Star, membuat komputer berubah sebagai desktop bagi para professional dalam organisasi bisnis. Tujuan dari Xerox Star adalah membuat komputer menjadi invisible bagi user, maksudnya komputer tidak lagi menjadi sebuah mesin yang kaku karena sudah dilengkapi dengan GUI sehingga tampak lebih nyaman. Dengan begitu, mudah untuk belajar dengan menggunakan GUI.

 Apple mulai mengembangkan Lisa pada 1979 sebagai sebuah sistem berbasis teks. Aple merupakan pendesainan kembali sebagai sistem grafis yang mirip dengan Xerox Star agar lebih nyaman digunakan. Oleh karena itu GUI Apple Lisa mirip dengan Gui Star. Walaupun begitu, Apple Lisa telah menggunakan hardware baru yang ada waktu itu dan sudah berbasiskan dokumen.

 Steve Jobs adalah orag yang memimpin proyek Macintosh dengan desain asli dari Jef Raskin. Jef raskin menggunakan penuntun yang kuat melalui desain fisik. Selain itu GUI Apple Machintos lebih mirip GUI Lisa. Namun sayangnya ada problem deri Mac yang pertama ini yaitu hanya memiliki 128k memory utama. Untuk menyelamatkan Mac maka dikenalkan Mac 512k, Mac512ke dan Mac Plus ke pasaran yang ternyata memang mampu menyelamatkan Mac. Mac memiliki aplikasi yang untuk menulis yang bagus sewaktu peluncuran, yaitu MacWrite dan MacDraw dan kemudian ditambahkan aplikasi baru Pagemaker dan Word Excel

 Diluncurkan dari IBM PC pada Agustus 1984 yang dijalankan pada 6MHz. Awalnya Windows telah direncanakan pada tahun 1983 direlease pada 11 Agustus 1987. Manun sayangnya produk pertama Windows 1.01 sangat mengecewakan, tidak handal untuk digunakan. Selain itu, Jobs (pemimpin Mac) protes tentang desain interface Mac OS’s yang dicuri oleh Bill Gates (Pemimpin Windows). Gates membalas “Hey Steve, just because you broke into Xerox’s house before I did and took the TV doesn’t mean I can’t go in later and take the stereo.”. Perang dingin ni pun masih berlanjut hingga sat ini antara Windows dengan Mac. Windows 2.03 direlease Jan. 1988 dengan mengalami berbagai perubahan dan Windows 3.1 direlease in 1992. Karena GUI Windows yang mudah digunakan dan serangan habis-habisan dari Windows kepasaran membuat Windows menang dari Mac.

0 komentar:

Posting Komentar