Kamis, 25 Maret 2010

LA AP2A (Delphi) Untuk Kelas 1IA07

PERTEMUAN IV
Koneksi Database Delphi ke Access

TEORI PENUNJANG

1. The user interface form (Form tampilan pengguna)
Disarankan untuk memisahkan form tampilan pengguna dengan komponen-komponen database agar desain aplikasi menjadi lebih fleksibel, antara lain : perubahan pada in formasi database, tidak selalu harus juga mengubah tampilan pengguna (UI), begitupun sebaliknya.

2. Data module
Jika anda sudah memisahkan form tampilan pengguna kedalam form tersendiri, maka anda dapat menggunakan data module untuk menyimpan komponen-komponen database (datasets), dan komponen yang terhubung ke datasets ini untuk digunakan bagian lain pada aplikasi anda.

3. Data source
Datasource menjembatani antara form tampilan pengguna dengan komponen datasets yang mewakili informasi dari database. Beberapa komponen data kontrol (data-aware controls) dalam sebuah form dapat menggunakan 1 datasource saja, sehingga pada saat pengguna berpindah baris (record), maka nilai informasi baris aktual akan ikut berubah pada masing-masing komponen data kontrol tersebut.

4. Dataset
Jantungnya aplikasi database anda adalah dataset. Komponen ini merepresentasikan kumpulan baris (records) dari database. Kumpulan baris ini dapat berupa data dari satu tabel database, kumpulan kolom (fields) atau baris (records) dari sebuah tabel, atau informasi yang berasal dari satu tabel atau lebih yang terhubung menjadi sebuah view.
5. Data connection
Beberapa dataset yang berbeda menggunakan mekanisme yang berbeda dalam hal koneksi ke informasi database. Perbedaan mekanisme ini membuat perbedaan besar dalam arsitektur aplikasi yang dapat anda buat. Terdapat 4 mekanisme dasar untuk koneksi data, yaitu:
• Koneksi langsung ke sebuah server database
• Menggunakan sebuah file terdedikasi
• Koneksi ke dataset lain
• Mengambil data dari objek RDS DataSpace.

Koneksi ke database
Hampir semua komponen dataset dapat koneksi ke server database secara langsung. Sekali terhubung, dataset dapat berkomunikasi dengan server secara langsung. Ketika dataset di buka, dataset tersebut mengumpulkan data dari server, dan ketika menyimpan perubahan (post records), data tersebut di kirim kembali ke server untuk kemudian disimpan dalam database. Sebuah komponen koneksi dapat digunakan beberapa dataset, atau setiap dataset dapat menggunakan properti koneksinya masing-masing. Setiap dataset yang terhubung ke server database menggunakan jenis komponen koneksinya
masing-masing, yang di desain untuk bekerja pada sebuah mekanisme akses data (single data access mechanism). Berikut ini daftar beberapa mekanisme akses data beserta Komponen koneksinya :



Untuk lebih jelasnya, dapat diuraikan sebagai berikut :
• Jika dataset yang digunakan adalah BDE, seperti TTable, TQuery atau TStoredProc, maka komponen koneksi yang digunakan adalah TDatabase. Untuk menghubungkan dataset ke database cukup dengan mengubah properti Database-nya. Sebenarnya anda tidak harus selalu menggunakan komponen database (TDatabase) ketika menggunakan komponen dataset BDE. Jika anda mengubah properti DatabaseName pada dataset, maka sebuah komponen database tercipta otomatis pada saat aplikasi dijalankan.



• Jika dataset yang digunakan adalah ADO, seperti TADODataSet, TADOTable, TADOQuery atau TADOStoredProc, maka komponen koneksi yang digunakan adalah TADOConnection. Untuk menghubungkan dataset ke koneksi ADO cukup dengan mengubah property Connection-nya. Sama halnya dengan dataset BDE, anda tidak harus selalu menggunakan komponen koneksi (TADOConnection), yaitu dengan cara mengubah property ConnectionString pada dataset-nya.



• Jika dataset yang digunakan adalah dbExpress, seperti TSQLDataSet, TSQLTable,TSQLQuery atau TSQLStoredProc, maka komponen koneksi yang digunakan adalah TSQLConnection. Untuk menghubungkan dataset ke TSQLConnection cukup dengan mengubah properti SQLConnection-nya. Ketika menggunakan dataset dbExpress anda harus selalu menggunakan komponen koneksinya (TSQLConnection). Perbedaan lainnya dibandingkan dataset yang lain adalah dbExpress selalu read-only dan unidirectional, dalam artian anda hanya bisa mengakses baris (records) secara berurutan, dan anda tidak dapat menggunakan komponen dataset yang mendukung pengeditan.










• Jika dataset yang digunakan adalah InterBase Express, seperti TIBDataSet, TIBTable,TIBQuery atau TIBStoredProc, maka komponen koneksi yang digunakan adalah TIBDatabase. Untuk menghubungkan dataset ke komponen database IB, cukup dengan mengubah properti Database-nya. Sama seperti dataset dbExpress, anda harus selalu menggunakan komponen koneksinya (TIBDatabase).




Sebagai tambahan selain komponen diatas, anda dapat menggunakan dataset client khusus (specialized client dataset) seperti TBDEClientDataSet, TSimpleDataSet atau TIBClientDataSet dan komponen koneksi databasenya.

Meskipun setiap tipe dataset menggunakan komponen koneksi yang berbeda, hampir semua mengerjakan pekerjaan yang sama dan mempunyai beberapa properties, methods dan events yang hampir sama.

Untuk memperjelas pemahaman tentang koneksi database, maka berikut ini contoh latihan koneksi yang akan dibuat menggunakan ADO.

Berikut ini langkah-langkahnya :
1) Buka Ms. Accsess, kemudian buat sebuah database bernama DataGudang menggunakan Ms. Access yang berisi tabel supplier, dengan kolom-kolom sebagai berikut:



2) Buka Delphi, buat aplikasi baru, dan tempatkan komponen-komponen : 1 buah ADOConnection, 1 buah ADOTable, 1 buah Datasource, 1 buah DbNavigator dan 1 buah DbGrid. Kemudian atur propertinya sbb :












* Untuk ConnectionString pada ADOConnection1, ikuti langkah-langkah berikut :




(1) Klik tanda elipsis (…), maka akan muncul dialog :





(2) Pilih Use Connection String, laku klik Build…, akan muncul dialog :






(3) Pilih Microsoft Jet 4.0 OLE DB Provider lalu klik Next>>, akan muncul dialog :



Kemudian isi kolom Select or enter a database name: dengan nilai sesuai dengan alamat folder dan nama dari database yang akan diakses, dalam hal ini
DataGudang.mdb (terletak pada folder E:\ Latihan\01\ ), dengan cara mengklik tombol elipsis (…) disampingnya. Contoh kolom yang telah terisi :


(4) Lakukan tes koneksi, dengan menekan tombol Test Connection, jika koneksi berhasil akan muncul dialog :




(5) Kemudian kilik OK beberapa kali, sehingga ConnectionString akan terisi dengan nilai :
Provider=Microsoft.Jet.OLEDB.4.0;Data
Source=E:\Latihan\01\DataGudang.mdb;Persist Security Info=False
Jika anda mengubah properti Connected menjadi True, maka akan muncul dialog :



Karena database anda tidak mempunyai password maka kosongkan lalu pilih OK.
Dialog ini akan selalu muncul setiap kali anda melakukan koneksi ke database. Untuk menghilangkan dialog ini, ubah properti LoginPrompt menjadi False.

5) Simpan program (Save All) dengan nama unit Ulat01.pas dan project Latih01.dpr. Jalankan program (Run), maka program latihan pertama database anda telah selesai.

0 komentar:

Posting Komentar